Monday 31 August 2015

Menikah di Era Digital, Memudahkan atau Bikin Boros?

photo from Etsy
Sekarang, semua aspek hidup tampak banyak yang berubah sejak makin common-nya dunia digital buat semua kalangan. Jadi bukan dunia kerja, pertemanan, dan pacaran aja yang berubah semenjak era digital, tapi juga: pernikahan.

*Bok, temen pernah ada yang lamaram via Skype aja gitu karena H-2 bulan nikahan doi masih kuliah di UK sementara kedua keluarga udah sepakat lamaran sebelum nikah* 

Bermulanya sih dari blog tentang persiapan pernikahan gini kali ya. Kalau gak salah sejak tahun 2009 waktu kakak saya menikah, tren blog pernikahan udah marak. Sekarang? Wih, udah banyak banget pengaruh perdigitalan ini sama persiapan pernikahan. Malah kalau dicari, wedding blog yang aktif di tahun 2015 mulai menyusut, mungkin dipindah ke akun Instagram atau Path gitu kali ya?

Sooo.... Apa aja yang berbeda dari menyiapkan pernikahan di era digital dan gimana mengontrol semuanya biar gak jadi oversharing yang annoying (dan lebih penting: Gak over budget karena printilan-printilan yang aduhai tempting)?


1. Wedding Hashtag
Mungkin banyak yang mikir, "Erww ngapain pake hashtag lebay amat". Tapi coba bayangin, deh. Kelar menikah, mungkin kita bakal penasaran kali-kali aja ada temen atau keluarga yang posting foto di nikahan kita, tapi sulit buat nge-track-nya. Jadi sebenernya fungsi wedding hashtag ini gak lebay juga sih menurut saya.

Eh, awalnya iya sih ngerasa lebay pas di zaman awal-awal resepsi pakai hashtag :p Apalagi waktu itu kebetulan temen saya yang kerja di digital agency yang pakein wedding hashtag ini. Sempet mikir, apa bakal dianalisis ya reachnya? Ada KPI-nya kah? Apa tujuannya buat dibikin viral?


Bukan maksud nyinyir, tapi purely belum ngeh aja manfaatnya. Sampai akhirnya temen ada yang nikah dan saya gak sempet dateng *sedih*, saya akhirnya lihat update lewat hashtag itu. Wah, buat orang lain aja berguna, apalagi buat mempelai ya kan?


Nah, gak ada salahnya kok hashtag-in foto-foto before dan after weddingnya juga. Lucu aja yakan bisa terlabel semua jadi kalau nyari gampang. Kamu juga bisa kasih tahu vendor foto, makeup, katering, dan dekor tentang wedding hashtag itu sekalian. Apalagi, sekarang ada kan jasa photobooth yang nyediain print foto berdasarkan hashtag orang.


Tapi sisi negatifnya, kalau foto yang orang tag ke kita di Instagram bisa diuntag dengan mudahnya beda dengan wedding hashtag yang bakal ada terus di sana kecuali kita minta pengunggah ngehapus *ribet*. Ya kali aja kan ada foto yang kamu ngerasa gak oke banget atau malu-maluin :D


2. Foto dan Video

Sebelum era digital sih ini udah ada, ya. Tapi sekarang jadi lebih penting karena kalau dulu cuma diliat keluarga atau orang yang deket banget, sekarang kita bisa sharing langsung di berbagai media sosial dan lebih banyak yang liat. 

Saya sih nemuin banyak banget keuntungan di sini, karena seneng lihat inspirasi pernikahan dari akun sosmed orang-orang :D Buat sebagian orang, ini bikin semangat juga dalam mempersiapkan semua-muanya. Siapa tahu, kan, bisa di-feature di akun-akun Instagram pernikahan kayak TheBrideDept, TheBrideBrestfriend, weddingku, bridestory, dan lainnya.


3. E-Invitation

Publikasi undangan dengan bikin situs undangan, kirim undangan lewat medsos atau messenger, semua terasa lebih mudah. Tapiii, saya sih memilih gak share undangan di media sosial ya, karena jadi sulit ngitung perkiraan yang dateng dan berujung pada gamblingnya jumlah pax katering yang dipesan. Makanya, saya lebih milih japri aja khusus buat yang memang masuk ke list undangan saya.

4. Online Shopping

Dulu suvenir lucu cuma bisa dipesan lewat e-Bay? Sekarang betebaran deh tuh di Instagram. Hehe. Dulu nyari tempat bikin undangan, souvenir, dan lainnya harus dateng langsung? Sekarang lapaknya juga betebaran di berbagai media sosial. Dulu kalau mau milih vendor foto, makeup, dan lainnya harus ketemu langsung buat liat portofolionya? Sekarang everything only one click away. Memudahkan :D

Eh malah, saya nyiapin honeymoon secara online juga. Lebih gampang, lebih murah jatohnya.


Tapi bahayanya, segala boutonniere lah wedding robe lah bride and groom hanger lah, banyak banget yang lucu-lucu yang ampir saya beli juga untung segera tersadar dan mikir... Trus nanti buat apaaaa?


5. Everything Live

Sebenernya, buka cuma #JanjiSuciRaffiGigi kok yang disiarkan live. Pernikahan di era ini, rata-rata juga disiarkan live oleh orang-orang terdekat. Entah sahabat, bridesmaid best man, keluarga, dan lainnya. Via Path, Twitter, Facebook, Instagram, you name it lah. Apalagi sekarang ada Periscope. Bikin harus senyum setiap saat karena para citizen journalist wara-wiri di sekitar kita XD

No comments:

Post a Comment