Saturday 29 August 2015

Memilih Gedung Pernikahan di Bandung, Jatuh Kepada...

photo from pittsburghweddingsupergroup
Setiap ada teman yang tanya tentang bagaimana memulai persiapan pernikahan, (Baca: Persiapan Pernikahan A-Z For Dummies), saya selalu tekankan untuk memulai dari jumlah undangan, dilanjut gedung. Khususnya di Bandung. Alasan selain gedung pernikahan di Bandung terbatas, bisa dilihat di postingan yang saya link di atas, ya.

Nah, itu juga yang saya lakukan di persiapan pernikahan saya. Memilih gedung pernikahan dan langsung DP.


Eh sebenernya kalau mau narik cerita jauh ke belakang, perjuangan milih venue ini sempet agak alot. Saya, si pencinta pohon dan anything greeneries, naksir berat sama Maxis. Luasnya pas, rumputnya rapi dan hijau rata alias gak banyak undakan, di beberapa sisi berjajar pohon (di parkirannya aja dipenuhin pohon), punya area VIP dominasi kaca, area akadnya cakep di selasar belakang dengan tema putih-putih gitu, wah pokoknya it has anything that I want.


Tapi ya memang gak dapet restu berhubung areanya gak tengah kota ditambah parkirannya agak sempit. Area VIP-nya pun gak ber-AC jadi kasian pinisepuh. Ditambah parkir di area lapangan tenis, klaimnya sih muat mobil 100-something (tapi agak ragu sih).


Akhirnya orangtua ngasih batasan: No outdoor. Karena dua tempat outdoor yang saya tunjukkin kurang sreg buat mereka. Kebanyakan karena areanya gak tengah kota, sih. Dan yang satunya lagi ditambah area yang berundak dan agak jauh dari parkiran, kami mikirin pinisepuh yang bakal dateng.


Berarti, mulai jelas pencariannya. Kami fokus mencari gedung pernikahan di Bandung. Pilihan ada 3, yaitu Pusdai, Bandung Convention Center, dan Graha Tirta Siliwangi.

Bandung Convention Center udah suka sih. Masuk-masuk bersih, rapi, gedungya baru, kapasitas oke, meski lighting bawaannya sederhana, tanpa chandelier. Tapi sekali lagi, sayang banget lokasinya kurang ke tengah kota. Menurut orangtua saya juga gitu. So, coret dari daftar.

Graha Tirta Siliwangi juga baguuus. Meski dari luar biasa banget dan perkirannya kecil, tapi begitu ngelewatin area jembatan dan seterusnya, cantiik! Suka banget jembatan yang di bawahnya kolam dan di atasnya pake skylight. Apalagi di luar skylight itu pohon-pohon besar khasnya daerah Gudang Utara. Cakeps. Atap gedungnya juga manis, pake lampu-lampu memanjang gitu. Belakang pelaminan ada kaca yang lagi-lagi di belakang kacanya ada pepohonan.


Tapi kapasitas amannya 1000 kayaknya. Maksimal banget 1500, tapi saya dan mama khawatir bakal kerasa penuh kalau sampe 1500. 


Galau. Lama. Di-PR-in seminggu. Karena kami tinggal milih Bale Asri Pusdai atau Graha Tirta Siliwangi, kan.


Akhirnya, berhubung rencana undangan awal 750 orang (which means bakal ada sekitar 1500) kalau dihitung sesuai undangan yang disebar, maka untuk amannya kita pilih Pusdai, Jalan Diponegoro No.63 Bandung.

Pusdai. Foto: msmunir
Tengah kota dan rata-rata orang udah tau, deket dari Pasupati buat temen-temen dari luar kota, ada masjid, chandelier bagus, dindingnya udah mewah meski didekornya minimalis, dan parkirannya lumayan nampung banyak meski mungkin bakal kesebar.

Tapi toh di area itu-itu juga, jadi semoga tamu-tamu gak kecapekan juga jalan dari parkiran. Luas area Pusdai ini kalau ditotal dari area hall, selasar, dan lobi, adalah 2100 m2. 


Emang, sih, area outdoor Pusdai sekarang kalau diliat-liat agak kotor. Mungkin karena banyak aktivitas di sana, ya? Area parkirnya juga kurang rapi ketimbang Bandung Convention Center yang ya... emang keitung lebih baru juga sih.


Tapi over all saya dan orangtua mikir bahwa Pusdai udah pilihan aman. Dan, sebenernya saya agak menyayangkan kenapa Pusdai jadi dicat warna krem gini. Kayaknya lebih cakep pas abu-abu. Huhu.


Masjid Pemprov Jabar ini juga tema arsitekturnya udah cocok banget sama saya yang orang Sunda. Kok, Sunda? Iya, kalau diliat-liat kan Pusdai ini atapnya berbentuk limasan. Selain itu, bentuk bangunannya juga mengikuti filosofi pemukiman di tatar Parahyangan (due to its website), yaitu pola berteras banyak, menyebar, bertrap, dan punya pekarangan luas. Polanya kayak rumah adat Sunda zaman dulu. 



Gedung Bale Asri Pusdai (Insya Allah) lokasi resepsi
Foto: msmunir
Selain itu, ya karena ini memang masjid, ya, jadi konsep Timur Tengah Pusdai ini juga kuat meski dibikin lebih minimalis dan modern. Pola-pola lengkung dan geometrisnya keliatan jelas di area masjid maupun selasar.

Nah, karena pola limasan tadi, bikin Pusdai, khususnya gedung Bale Asri yang saya pilih sebagai gedung pernikahan, punya atap tinggi dan bikin leluasa napas *halah*. Saya suka sih area lobby-nya yang semi outdoor dengan atap putih tinggi. Ini jadi nilai lebih di Pusdai sih, biar gak semua tamu berkumpul di gedung utama.


Oh iya, saya juga suka masjidnya. Masjidnya punya atap tinggi yang penuh lengkung dan bikin keliatan syahdu sekaligus megah. 

Masjid Pusdai (Insyah Allah) Lokasi Akad.
Foto milik: Muhendragun 
foto: tarijem
Yang saya sukain juga adalah chandeliernya. iya, sih, kayaknya udah lama gak diganti, ya? Tapi itu legend Pusdai banget. Dan masih bagus sih modelnya sampai sekarang. Wall ornament-nya juga bagus. Kayak gimana? Ini dia.
Area Bale Asri Pusdai, (insya Allah) gedung resepsi pernikahan kami.
Nah, satu hal yang disayangkan, kecuali hotel, jarang banget gedung pernikahan di Bandung yang full cover pake karpet. Padahal karpet tuh bikin tampilannya makin oke. Tapi yasudah terima saja. \m/

Oke mulai ngantuk -.- Pokoknya, untuk spesifikasi Pusdai yang lebih lengkap bisa dilihat di sini.

9 comments:

  1. Sampurasun Calon Pengantin Bandung,
    Sedang mencari gedung pernikahan FULL CARPET dengan paket lengkap? kini HIS Balai Sartika Wedding Venue & Organizer membuat inovasi yaitu ALL IN WEDDING PACKAGE. Benefit yang akan calon pengantin dapatkan termasuk venue (Balai Sartika Convention Hall), catering, dekorasi, dokumentasi, entertainment, make up, MC, upacara adat, siraman & pengajian, WO sampai dengan BONUS HONEYMOON PACKAGE dan masih banyak BONUS LAINNYA.

    Yuk catet tanggal special akang teteh dari sekarang sebelum dibooking yang lain. Informasi lebih lanjut bisa hubungi 089646301396 call/sms atau whatsapp 087889588933 (Qonitah). Akang teteh juga bisa datang langsung ke :

    HIS Balai Sartika Wedding Venue & Organizer
    Gedung Bikasoga lt.2
    Jl. Suryalaya Indah No.1-3 Buah Batu, Cijagra, Lengkong, Bandung.

    PROMO BERLAKU UNTUK BOOKING FEE DI BULAN AGUSTUS 2017

    ReplyDelete
  2. Hallo para calon pengantin Bandung

    Oh iya, untuk informasi mulai 2018 GEDUNG PERNIKAHAN KOLOGDAM akan FULL KARPET , wow ini berarti bakal ada gedung pernikahan di BANDUNG yang berkarpet (bukan hotel) tapi bakal eksklusif kya di hotel hehe
    nah , kebetulan kita banyak promo banget untuk para pengantin yang booking periode September 2017 karena masih dalam periode PRE LAUNCHING
    yuk ah , yang penasaran untuk harga dan info lainnya , mangga hubungi saya di 082110126988 , feel free to ask ;)

    ReplyDelete
  3. Sampurasun Calon Pengantin Bandung!!

    Kini Balai Sartika Convention Hall, Buah Batu Bandung memiliki New Concept Design:

    FULL CARPET, FULL AC & CHANDELIER
    KELEBIHAN YANG DIDAPATKAN:
    1. Ballroom Full AC Central, 2 Standing AC depan pelaminan dan 6 standing AC di titik tertentu
    2. Gedung Full Carpet, Lampu Kristal
    3. Terdapat 4 Ruang Rias Full AC, Full Karpet dan kamar mandi
    4. Kursi 200 Buah & Sudah termasuk listrik 15.000 watt
    5. Service dari Wedding Organizer & Wedding Consultant HIS Balai Sartika
    6. Wedding Consultant Professional yang siap mendampingi Calon Pengantin
    7. Security, Free Parkir dan Akses Tol & Jalan Mudah
    8. Lucky Dip
    9. Paket Fleksibel dapat berubah sesuai kebutuhan Calon Pengantin
    10. Porsi Catering menyesuaikan kebutuhan Calon Pengantin.
    Dapatkan juga spesial promo untuk booking bulan Oktober 2017!!!
    Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi :Zulfa (089611648377)

    ReplyDelete
  4. Hallo Brides & Grooms to be.. Buat kalian yang sedang mencari gedung pernikahan full carpet dan nyaman, HIS Balai Sartika Convention Hall Bandung bisa jadi pilihanmu. Selain gedung pernikahan kalian juga tidak perlu repot lagi mencari wedding planner dan wedding organizer, catering, dekorasi, MC, fotografi, prosesi adat, rias busana, wedding car, musik entertainment. Tinggal pilih vendor pilihan kalian saja. Jangan lewatkan bonus menarik cashback langsung 20 juta, tanpa diundi! Info lebih lanjut bisa hubungi Yesi (WA 085723503203).

    ReplyDelete
  5. Dear Akang & Teteh Calon Pengantin..
    Salam hangat dari HIS Kologdam Grand Ballroom Bandung

    Kami dari HIS Wedding Venue & Organizer hadir dengan konsep terbaru dan ekslusif di gedung pernikahan Kologdam Grand Ballroom.

    Fasilitas Kologdam Grand Ballroom :
    Full carpet
    AC Central + 14 Standing AC
    Ceiling tinggi 10m
    Kapasitas sampai dengan 2000 orang
    2 Ruang Rias Full AC
    Masjid Junudurrahmah untuk Akad Nikah
    Area parkir luas
    Free izin Keamanan, Kebersihan, Keramaian)
    Free Genset

    Untuk semakin mempermudah dalam menyiapkan hari pernikahan, Akang dan Teteh akan dibantu dengan fasilitas Wedding Consultant, Wedding Organizer dan Wedding Package (Dengan Pilihan Vendor Favorit di Bandung).
    Jika Akang dan Teteh membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan untuk menghubungi saya melalui telfon atau Whatsapp di 081220713315 (Rica), atau Akang dan Teteh bisa langsung mengunjungi kantor HIS Kologdam di Jalan Aceh No 50, Merdeka, Bandung.

    Diantos Akang Teteh..

    ReplyDelete
  6. Voila! Dear brides and grooms to be, mana nih suaranya?
    Udah sampai mana persiapan buat pernikahannya? apa aja sih kendala yg kalian hadapi selama proses persiapannya? ribet dan kebingungan harus memulai dari mana?
    Yuk jangan khawatir dan dibawa pusing karena wedding consultant dari HIS Kologdam Grand Ballroom akan membantu persiapan pernikahan kalian dari mulai persiapan sampai hari H. Venue? Udah ada. Vendor? Banyak pilihannya. Punya konsep sendiri? Bisa disesuaikan kok.
    Penasaran apa aja yang kami berikan? Dari mulai catering, dekorasi, rias busana, photography, entertainment, upacara adat, mc, wedding car, beserta wo untuk di hari H. SO??? Yuk segera konsultasikan persiapan pernikahanmu sekarang juga. Banyak promo menarik juga khusus di bulan agustus ini diantaranya:
    * Invitation Card by Corellia (500 undangan)
    * Logam Mulia 10 gr
    * Honeymoon in Krabi, Thailand (4D3N)
    * Wedding Ring by Vins Jewelry
    * Let's Go Gelato Stall (300 pax)
    * Sushi Stall by Sushi Tei (300 pax)
    Dari 6 pilihan promo diatas kalian bebas memilih 2 pilihan.
    Untuk info lebih lanjut yuk segera hubungi Ayu-HIS Kologdam (WA 081324570721)

    ReplyDelete
  7. Dear Calon Pengantin,
    Salam hangat dari HIS Kologdam Grand Ballroom Bandung
    Kami dari HIS Wedding Venue & Organizer menawarkan gedung pernikahan Kologdam Grand Ballroom dengan konsep terbaru.

    Fasilitas Kologdam Grand Ballroom :
    Ballroom Full Carpet
    AC Central + 10 Standing AC
    Ceiling tinggi di 10m
    Kapasitas sampai dengan 2000 orang
    2 Ruang Rias Full AC
    Lokasi Strategis dan Akses yg Flexible
    Masjid yang Luas untuk Akad Nikah
    Area Parkir Luas
    Free Parkir untuk Tamu Undangan
    Free All Charges ( Kebersihan, keamanan, pemakaian Masjid,dll)
    Free Genset

    Untuk mempermudah Teteh dan Akang dalam mempersiapkan hari pernikahan, Kami pun memberikan fasilitas:
    Wedding Organizer Profesional
    Wedding Consultant & Wedding Planner
    Wedding Package (Banyak Pilihan Vendor Ternama Bandung)

    Pada kesempatan ini Kami ingin mengundang Teteh dan Akang untuk mengunjungi kantor HIS Kologdam sehingga kita dapat bertemu & berdiskusi lebih lanjut mengenai perencanaan hari bahagia Teteh.

    Jika Teteh dan Akang membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan untuk menghubungi saya melalui telfon dan whatsapp 082218073807 (Dita)

    ReplyDelete
  8. Dear Akang & Teteh Calon Pengantin..
    Salam hangat dari HIS Kologdam Grand Ballroom Bandung

    Kami dari HIS Wedding Venue & Organizer hadir dengan konsep terbaru dan ekslusif di gedung pernikahan Kologdam Grand Ballroom.

    Fasilitas Kologdam Grand Ballroom :
    Full carpet
    AC Central + 14 Standing AC
    Ceiling tinggi 10m
    Kapasitas sampai dengan 2000 orang
    2 Ruang Rias Full AC
    Masjid Junudurrahmah untuk Akad Nikah
    Area parkir luas
    Free izin Keamanan, Kebersihan, Keramaian)
    Free Genset

    Untuk semakin mempermudah dalam menyiapkan hari pernikahan, Akang dan Teteh akan dibantu dengan fasilitas Wedding Consultant, Wedding Organizer dan Wedding Package (Dengan Pilihan Vendor Favorit di Bandung).
    Jika Akang dan Teteh membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan untuk menghubungi saya melalui telfon atau Whatsapp di 081220713315 (Rica), atau Akang dan Teteh bisa langsung mengunjungi kantor HIS Kologdam di Jalan Aceh No 50, Merdeka, Bandung.

    Diantos Akang Teteh..

    ReplyDelete
  9. Dear brides and grooms to be 
    Salam hangat dari HIS Seskoad Grand Ballroom Bandung.
    Kami dengan bangga mempersembahkan venue terbaru kami yaitu “HIS Seskoad Grand Ballroom”, Gedung seskoad yang berletak strategis nan mewah yang menjadi favorit para calon pengantin ini kini berada di naungan HIS, untuk itu fasilitas yang terdapat di gedung seskoad grand ballroom kini berstandard seperti gedung HIS lainnya, “Ballroom full karpet eksklusif, AC, Lampu Kristal, dan design ruangan yang elegan&mewah”. Selain gedung, kami juga bekerjasama dengan banyak pilihan vendor ternama di Bandung, mulai dari catering, busana&MUA, dekorasi, music&entertaiment, fotografi&videografi, MC, wedding car, hingga pelayanan yang kami miliki untuk membantu calon pengantin dari awal sampai akhir yaitu, Wedding Public Relations, Wedding Planner, dan Wedding Executor. Dengan sistem “One Stop Wedding Service”, Kami pastikan akan memberikan pelayanan terbaik di hari Bahagia akang teteh 
    Untuk itu kami mengundang akang teteh calon pengantin, untuk datang ke pre-launching HIS Seskoad Ballroom kami, dan segera dapatkan HARGA PRE-LAUNCHING yang pasti akan sangat worth it dengan fasilitas dan pelayanan yang kami berikan serta BONUS FANTASTIS! untuk akang teteh calon pengantin Cuma di HIS SESKOAD GRAND BALLROOM.

    BOOKING FEE ONLY RP.5000.000
    For more info and detail call :
    Wedding Public Relations HIS Seskoad Grand Ballroom
    Jl. Gatot Subroto No. 96 Bandung.
    GIYANTI : 082261170022 (WA)
    INSTAGRAM : @his_seskoad @giyanti.hisseskoad

    See u brides and grooms to be!
    -HIS Wedding Venue Organizer-

    ReplyDelete