Sunday 26 July 2015

Persiapan Resepsi Pernikahan A-Z (For Dummies)


Jadi, beberapa malam kemarin ada temen (cowok) yang kirim chat di messenger dan nanya:

Dia: Persiapan pernikahan harus mulai dari mana sih?
Saya: Uang dan kasih sayang. mahahahaha
Dia: Checked. Next?

Sadar kalau si temen ini tiba-tiba serius dan gak mempan dibecandain, akhirnya saya mulai jelasin sambil kebingungan. Soalnya pas ditanya persiapan yang bagian mananya, dia malah ikut bingung. “Blank banget, gak tau harus mulai dari mana. Nyari vendor gitu, deh. Apa aja yang harus dicari?”

Saya langsung nginget persiapan pertama saya gimana. Sebenernya, persiapan resmi dimulai di akhir Desember 2014, sih. Meski kedua keluarga udah ketemu dan “kode-kodean” pas Lebaran tahun 2014.

Tapi emang kerasa sih, sebelum rencana nikah ini dateng, ide-ide resepsi kayaknya udah berseliweran dan mantap mau dibikin kayak apa. Giliran mulai persiapan pernikahan, bingung!

Nah, dari hasil chat malem itu, kayaknya lumayan juga kalau saya bikin postingan persiapan resepsi pernikahan for dummies. Vendor apa aja yang harus dicari dan dipilih untuk resepsi pernikahan?

Sebentar. Sebelum cari vendor, ketok palu dulu buat tanggal resepsi pernikahan dan jumlah undangan. Kenapa? Soalnya, kalau mau cari venue pernikahan atau tanya-tanya ke vendor pernikahan di wedding fair, pertanyaan pertamanya pasti seputar tanggal resepsi.

Kedua, vendor juga (khususnya suvenir dan undangan) rata-rata tanya, berapa undangan? Karena ini ngaruh ke berapa buah suvenir dan undangan yang dipesan. Semakin banyak, biasanya semakin murah.

Oh iya, buat beberapa keluarga, ada tradisi nentuin tanggal dengan “dihitung”. Saya juga termasuk yang dihitungin dulu tanggal baiknya. Gak masalah, kok. Sambil nunggu tanggal baik keluar, kan bisa ngecengin vendor di website wedding/instagram/blog/forum online dulu.

Untuk undangan, gak perlu exact numbers, sih. Yang pasti sekitar berapa orang undangannya. Soalnya ini bakal sangat ngaruh ke venue nikahan.

So... here it is. Vendor yang harus disiapkan sebelum resepsi pernikahan.



from giphy!

Vendor 1: Venue Nikahan
Yang harus ditanyakan: kapasitas, area akad atau masjid terdekat, listrik berapa watt, ukuran dan jenis panggung pelaminan, sekat-sekat, parkiran, durasi sewa, area makeup, kamar mandi.

Vendor 2: Makeup dan Baju Pengantin
Yang harus ditanyakan ke vendor ini: Makeup+hair do pengantin dan orangtua, kebaya/beskap akad dan resepsi pengantin (bisa sewa perdana atau sewa yang ada, charge beragam tiap vendor), kebaya/beskap dan sinjang orangtua, makeup + pakaian pager ayu dan pager bagus. Vendor ini biasanya nyediain free test makeup kalau kita udah booking dia. Kalau kamu udah yakin sama kualitasnya, mending free test makeup ini dipake pas prewedding XD

 ***Makeup dan baju pengantin ini bisa juga di vendor yang beda, misal beberapa lebih milh bikin baju pengantin di desainer
***Turunan dari ini adalah membeli kain dan memilih warna untuk orangtua, keluarga, dan bridesmaid

Vendor 3: Katering+Dekor
Yang harus ditanya ke vendor ini mencakup: Makanan, stan makanan, buffet pengantin, meja VIP, pelaminan, area akad, janur, karpet, stan foto, kotak angpau, meja penerima tamu, layout venue, detail properti dekorasi, buku tamu. Tanya juga coffee break setelah akad nikah, ya!

Dekor biasanya termasuk dekor untuk “Ngaras”. Yang harus ditanyakan: Konsep pelaminan ngaras alias sungkeman, dekorasi kamar pengantin, sound system, pemandu ngaras dan sungkeman.
Termasuk juga persiapan siraman. Yang harus ditanyakan: Gebyok siraman dan perlengkapan lainnya, kecapi suling, gentong siraman.

***Katering dan dekor juga bisa dari dua vendor yang beda, karena sekarang banyak vendor yang khusus dekor dan biasanya lebih meriah dan bagus.

Vendor 4: Wedding Documentation
Yang harus ditanyakan ke vendor ini mencakup: Foto/video prewedding, foto/video siraman dan pengajian, foto/video akad dan resepsi. Plus album foto serta boksnya, ukuran pembesaran foto dan dicetak berapa buah, dan nanti akan dipajang dalam frame apa. Oh ya, jangan ragu tanya jenis kamera yang digunakan.

***Kalau vendornya bisa, bisa sekalian juga tanya tentang photobooth.

Vendor 5: Undangan
Pastikan cermat milih warna, ya. Kadang suka meleset dari desain soalnya hehe. Jangan ragu minta print dummy setiap kali desain selesai. Jangan sepelein juga tulisan di dalemnya, mulai dari nama orangtua, gelar, sampai tulisan arab yang *nggemesin* kadang masih salah.

***Biasanya, thank you card juga jadi bonus dari vendor undangan.

Vendor 6: Suvenir
Jangan ragu minta potongan harga kalau ordernya banyak! (Nebeng curhat: Lagi nunggu hasil suvenir yang pesen di Instagram nih degdegan x0)

*Mulai ngos-ngosan*

Vendor 7: Wedding Entertainment
Yang harus ditanyakan ke vendor ini: Konsep musik yang diinginkan , playlist yang disediakan (plus jumlah lagu request yang mereka belum bisa), sound system yang digunakan. (si anak yang rewel ini malah nyeleksi sendiri pilihan vokalis yang mereka punya. Semoga available deh si abang vokalis)

Vendor 8: Upacara Adat Sunda
Mapag Penganten: Proses pemayungan calon pengantin pria, sawer dan tradisi lainnya, prosesi upacara mapag pengantin dan tarian daerah yang bisa dipilih (Tari Kipas, Rama Shinta, Merak, gitu biasanya), gamelan.

***Sekarang banyak vendor upacara adat yang bagus-bagus, lo. Tradisional tapi lebih modern dan cakep-cakep penarinya :p

Vendor 9: Wedding Organizer
Apa, sih, fungsinya Wedding Organizer? Baca di sini

Vendor 10: Cincin kawin dan mas kawin plus kotaknya

Vendor 11: Kotak dan hias seserahan (tentunya dengan isi seserahannya dong XD)
Disarankan, sih, kotak seserahannya sewa aja. Atau kalau vendor makeup/dekor nyediain, ambil di situ aja. Percayalah, makin dikit vendor makin mudah!

Vendor 12: Mobil pengantin
Vendor 13: Wedding Cake

14. Pengajian
Oh iya selain itu, ada pengajian yang dibikin di hari yang sama dengan siraman. Yang harus disiapkan antara lain makanan, goodie bag, bacaan doa yang akan dibacakan, sinjang buat digelar menuju siraman, pilih saudara yang akan partisipasi dalam siraman dan siapkan suvenir berbeda untuk mereka.
----

OMG I cant believe I can write it all down here! XoX


Maaf ya kalau gak rapi, membingungkan, atau kurang lengkap. Next mungkin postingan ini harus dirapikan kembali :D

1 comment:

  1. Hallo Akang dan Teteh Calon Penganten,

    Masih bingung cari gedung pernikahan? Ingin menikah di gedung full carpet dengan fasilitas eksklusif? HIS Balai Sartika Bandung menjawab keinginanmu dengan konsep One Stop Wedding Service dan pilihan vendor-vendor profesional yang akan membuat pernikahanmu semakin berkesan. Dapat bonus-bonus menarik yaitu Logam Mulia 5 Gram dan Honeymoon di Bali!! Semua itu tanpa diundi looohhh…

    Ingin info lebih lanjut bisa langsung hubungi :
    Rosianti,
    WA ( 085624295686 )
    IG ( rosi.hisbalaisartika )
    E-mail ( rosi.hiscorp@gmail.com )

    ReplyDelete