Monday 27 February 2017

4 Pertimbangan Sebelum Menentukan Lokasi Rumah [For Dummies]

Photo from here
Kenapa for dummies? Iya karena saya juga enggak ngerti-ngerti banget *plak*.
Tapi kalau masalah yang serius-seriusnya pasti udah banyak lah ya dibahas. Informasi teknis seputar mengecek air, konstruksi bangunan, dan lainnya menurut arsitek bisa juga dilihat di artikel saya yang dimuat di sini.
Jadi kali ini saya enggak akan bahas mengenai air PAM vs sumur, konstruksi, dan lainnya. Saya mau cerita apa aja yang dipertimbangkan dan bagimana proses saya meyakinkan diri memilih lokasi rumah, di antara sekian banyak pilihan yang bikin kita semakin sadar bahwa kemauan dan kemampuan itu sering tak sejalan. Tsk.
Soalnya, kalau belum yakin-yakin banget, bisa jadi kita makin gampang terusik sama komentar orang sih *yea right* Misalnya…
“Serius ambil di sana? Gila jauh banget kenapa enggak di daerah gw aja lebih deket?”
“Hah, tanahnya cuma segitu? Kecil banget…”
…. Dan lain sebagainya.
Emang ada yang bakal komentar kayak gitu? Ada banget, tapi ya mereka juga bukan niat kenapa-kenapa sih, memang secara alami kan orang seneng ya ngasih saran dan berharap bisa membantu. Nah makanya yakinin diri dulu seyakin-yakinnya sebelum memilih rumah yang dikecengin biar kalau ada kalimat kayak gitu kita juga enggah gampang goyah. Apalagi baper.

Gimana ngeyakininnya? Sederhananya sih satu, kenali dulu kemampuan dan kebutuhan sendiri. Tips yang biasa dikasih memang bener sih, hal yang harus dipertimbangkan sebelum beli rumah adalah seputar lokasi, jarak, fasilitas, dan lainnya.
Ya tapi kalau mau yang lokasinya strategis dengan fasilitas lengkap dan jarak cuma sejengkal dari pusat kota mah pasti enggak sesuai juga sama dompet. Dompet saya tepatnya.
Jadi gimana meyakinkan diri kalau rumah yang kita pilih ini worth the price, worth the effort, dan lain sebagainya? Ini pertimbangan saya:
1.    Akses yang “Masuk Akal” 
Ada beberapa faktor yang bikin akses memenuhi kategori “masuk akal” versi saya. Dan ini membutuhkan waktu lama lengkap dengan mood yang on – off berulang kali.
Soalnya jujur aja saya enggak begitu menguasai peta Jabodetabek. Waktu itu saya enggak bisa bedain mana Tangerang mana Depok. Mana Pondok Aren mana Pondok Pinang.
Sekitar 2 tahun lalu, pertama kali saya ala-ala survei rumah dengan YBS yang waktu itu masih berstatus pacar, terus saya menyerah. Udah tidur – bangun – tidur - bangun di jalan dan belum nyampe T____T pas nyampe pun beberapa area menuju sana masih banyak lahan kosong yang bikin saya yakin enggak akan berani kalau pulang malem sendirian. Pupus sudah niat punya rumah. Anaknya mudah menyerah. *Bentar, tadi mau cerita apa ya kok malah ngalor ngidul hmmm*
Baru on lagi survei tengah tahun 2016 lalu dan udah fokus di wilayah Tangerang Selatan. Sempet survei ke beberapa perumahan di perbatasan Jaksel dan Tangsel, tapi selain luas tanahnya kecil untuk harga yang saya mampu, area sekelilingnya juga kurang sreg. Ditambah ada banjir 2 spot menuju lokasi yang saya survei.
Intinya, pencarian lokasi buat orang yang buta daerah emang agak lambat prosesnya. Dan si visual ini sepertinya tipe yang milih agak jauh tapi perjalanan ke sana pemandangannya nyaman ketimbang harus lewat daerah crowded. Nggak apa-apa ya maklumin aja lol, kan selera orang beda.
Beberapa teman ngasih saran lokasi yang masih termasuk ke Jakarta, biar KTP-nya pun bakal Jakarta. Buat orang mungkin matters, tapi sampai sekarang, buat saya enggak. Apalagi ngebayangin aksesnya yang selalu padet :(( 
Akhirnya survey lagi di Bintaro dan sekitarnya alias pinggir-pinggirnya. Nggak apa-apa KTP enggak Jakarta, nggak apa-apa pilihan Gubernur bukan Ahok atau Anies (Halo Wahidin atau Rano!), asal perjalanan pulang pergi “kebayang”.
Nah, pertimbangan saya soal akses rumah ini:
- Ada banyak pilihan jalan. Jalan tol aja ada beberapa pilihan, bisa pake kereta juga, ada shuttle juga, kalau mau pake motor ada jalan yang deket juga.
- Perjalanan menuju sana enggak terlalu bronx. Jadi kalau sewaktu-waktu butuh nyetir sendirian malem-malem, masih berani.
- Enggak banjir! Meski zaman sekarang rumah di daerah elit aja masih kebanjiran, tapi ya kalau bisa jangan lah.
Cara Ngetes:
Suatu hari sepulang kerja, saya dan suami berangkat ke calon rumah ini malem-malem buat memastikan aksesnya manusiawi. Semacet apa dan berapa lama. Juga buat liat kondisi malem di area tersebut. Apa lampu penerangan banyak? Satpam siaga nggak? Banyak pemuda bermotor nongkrong nggak (trauma di sekitar tempat tinggal sekarang banyak yang nongkrong)? Dan lain-lain~
2.    Lokasi yang Bikin Tenang
Syaratnya: Kondusif, nggak banjir, dan nggak banyak gankster lol.
Pernah bilang kan kalau saya ini anaknya takut maling. Ya semua orang takut sih, tapi beberapa pengalaman bikin saya parno berlebih -___-
Jadi ceritanya sebelum deal dengan yang ini, ada dua pilihan rumah. Rumah pertama tanahnya lebih gede dikit tapi ada di kompleks lama yang rumah di sekelilingnya kosong dan agak enggak keurus gitu, dikontrak-kontrakin. Padahal saya dan YBS udah naksir banget. Rumahnya udah direnovasi dan kayaknya yang punya ngerti arsitektur. Pencahayaan nyeni, keluar masuk angin juga diperhitungkan banget.
Tapi akhirnya jatuh ke pilihan kedua yang termasuk cluster baru dan one gate system.
Faktor lainnya adalah enggak banjir. Katanya sih bisa dicek dari permukaan tembok bawah fasad ya, kalau suka banjir pasti keliatan kotor. Tapi juga perlu dipastiin langsung juga sih.
Cara Ngetes:
Biasanya saya suka ngetes dengan nyelonong-nyelonong aja masuk komplek. Nah di tempat yang saya pilih, pas saya nyelonong beneran diikutin satpamnya dong pake motor lol. Nggak yang intimidating tapi dia kayak “tour guide” yang nemenin gitu. Kan lumayan ya bikin tenang. Intimidating dengan cara halus hahah.
Ngetes kedua, saya pernah juga DM orang yang tinggal di daerah situ buat nanya-nanya keamanan dan potensi banjir. Bahkan DM-DMan sama kontraktor yang pegang rumah saya hahaha. Ini penting, selain biar tahu kondisinya juga biar bikin tenang. Tapi enggak cukup di situ, suatu hari pas lagi hujan besar, saya dan YBS bela-belain langsung ke lokasi buat memastikan. Alhamdulillah, enggak ada genangan.
3.    Fasilitas yang… ya, cukuplah
Kenapa sekarang banyak orang tertarik tinggal di luar Jakarta juga karena udah banyak integrated area sih di pinggiran. Ya salah satunya dengan ada kereta atau shuttle.
Dan adanya rumah sakit bagus, tempat nongkrong cantik (sepele anaknyah), dan mall (yang fasilitasnya cukup oke ada gym - salon - bioskop), kayaknya tetep jadi pertimbangan penting. Jadi kalau butuh apa-apa pas weekend enggak melulu harus ke Jakarta hehe.
Ketika mutusin area Tangsel juga saya udah liat-liat tuh fasilitas di sekelilingnya. Ya kebayang dong kalau udah lokasinya jauh, nggak ada hiburan pula. Untungnya ada di tengah antara Ciledug – Bintaro – Alam Sutera – BSD, jadi banyak pilihan.
Selain itu juga area yang saya pilih lokasinya walking distance ke Giant dan Sports Club. Di depannya juga lagi ada TransMart mau dibangun. Ya meski ke Alfamart kudu pake motor sih lumayan ya mana nggak ada warung lagi di komplek -___-
Tapi secara lokasi ya lumayan lah, udah rame tapi enggak crowded. Dan masih terhitung rapi.
Cara Ngetes:
Yang ini nggak ada cara khusus sih hahaha tapi saya suka keliling-keliling sama YBS, ngajakin temen yang rumahnya di sana buat nongkrong-nongkrong, datengin mallnya dan cari tahu tenant-nya apa aja. So far, suka sih. Saya senang juga karena masih banyak banget penghijauan di daerah sana.
4.    Penting Nggak Penting: Ada Temen Sejurusan :))
Ini terlihat nggak penting sih, tapi ini jadi salah satu faktor yang bikin niat saya makin bulet menentukan lokasi rumah. Ya lumayan lah, dengan adanya temen di satu area (nggak satu komplek juga sih), bisa lebih cepet dapet informasi sebagai newbie. Jadi enggak terlalu blank dan enggak butuh waktu terlalu lama buat adaptasi.
Punya teman eksplor juga dan bisa tebeng-tebengan atau janjian bareng pas pulang naik kereta :p *Anak KRL mana lo?*
Dan kalau lagi libur atau pengen jalan, ada temen yang bisa diajak juga. So far ternyata banyak banget temen yang berdomisili Bintaro, BSD, Alam Sutera, Ciledug, dan sekitarnya. Yuk, jadi tetangga! 
Nah, kalau kalau artikel ini dinilai kurang bermanfaat, coba klik link artikel pertimbangan membeli rumah secara teknis di link yang saya tautkan di atas ya! Itu lebih terpercaya karena wawancara langsung sama arsitek :D


No comments:

Post a Comment